Silakan klik
"MATERI" atau "SOAL"
di bawah ini.
Pada hari ini kita akan belajar materi Seni Rupa untuk kelas 4 SD Kurikulum Merdeka
Unit 9 Membuat dan Menghias Layang-layang. Berdasarkan buku panduan Guru MaPel Seni Rupa Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Pusat Kurikulum dan Perbukuan, 2021) ada 12 unit.
Hari ini kita akan mempelajari Unit 9 Membuat dan Menghias Layang-layang.
(Silakan klik di bawah ini).
Rincian 12 Unit Seni Rupa
- Unit 1 Menggambar Rumah Tetangga
- Unit 2 Daur Ulang Kerajinan dari Plastik
- Unit 3 Bereksperimen dengan Tekstur
- Unit 4 Membuat Bendera Hias dari Kertas
- Unit 5 Seni Dekoratif : Menggambar Taplak Meja dan Teralis
- Unit 6 Membuat Stempel dari Kentang dan Ketela
- Unit 7 Komik Sederhana Tentang Sahabat dan Keluarga
- Unit 8 Menabung Pada Celengan Indah Buatan Sendiri
- Unit 9 Membuat dan Menghias Layang-layang
- Unit 10 Membuat Shadow Puppet (Wayang) yang Menakjubkan
- Unit 11 Menghias Jadwal Pelajaran
- Unit 12 Kelas Apresiasi : Bertemu Seniman dan Pengrajin Setempat
Hari ini kita akan mempelajari Unit 9 Membuat dan Menghias Layang-layang.
(Silakan klik di bawah ini).
Bahan Bacaan Peserta Didik
Pokok-pokok Materi.
Layang-layang merupakan media bermain yang mengandung unsur seni rupa berupa desain (rancang bangun) dan lukis/gambar. Di samping itu, layang-layang juga mengandung unsur sains-teknologi berupa aerodinamika. Aerodinamika berasal dari dua kata yaitu aero yang berarti udara dan dinamika berarti tenaga atau pergerakan. Dengan demikian, membuat layang-layang akan melatih kita berpikir berdasarkan seni rupa, desain dan sains-teknologi.
Sebagai media bermain yang mengandung unsur seni rupa dan teknologi, layang-layang akan menjadi kreasi yang menantang dari segi rancangan dan seninya. Khusus terkait unsur seni, layang-layang bisa dihias dengan lukisan yang menggambarkan cita-cita, harapan atau doa kita. Misalnya, lukisan berupa bunga yang mekar, petani dengan ladang yang subur, kehidupan di angkasa luar dan kehidupan manusia di masa depan. Tema lain yang lebih dekat juga bisa dipilih: flora dan fauna, keluarga, sahabat atau kata-kata mutiara yang bermakna.
Sebagai acuan, tahap-tahap pembuatan layang-layang berikut ini mohon diperhatikan:
- Siapkan bahan berupa kertas minyak, lem, gunting, pisau, bambu, benang jahit, senar dan cat (cat air atau poster)
- Buat pola layang-layang sesuai desain yang direncanakan pada rangka dari
batang bambu
- Potong kertas minyak sesuai ukuran rangka bambu yang sudah dibuat
- Lukis kertas dengan tema terkait harapan dan cita-citamu
- Tempelkan kertas minyak sesuai pola yang sudah dibuat, kemudian tekan sudut yang diberi lem agar menempel dengan erat
- Buat variasi pada layang-layang dengan memasang ekor/buntut dari sisa kertas agar terlihat menarik ketika diterbangkan di udara
- Pasang benang layangan di bagian tongkat bersilang (tali kama)
- Layang-layang siap dimainkan
Rangkuman Materi Seni Rupa Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD
Unit 9 Membuat dan Menghias Layang-layang
Unit 9 Membuat dan Menghias Layang-layang
- Layang-layang merupakan media bermain yang mengandung unsur seni rupa berupa desain (rancang bangun) dan lukis/gambar serta sains-teknologi berupa aerodinamika
- Aerodinamika berasal dari dua kata yaitu aero yang berarti udara dan dinamika berarti tenaga atau pergerakan
- Layang - layang berkaitan dengan unsur seni dapat diberikan hiasan lukisan yang menggambarkan cita-cita, harapan atau doa
- Layang- layang dapat dibuat dengan bahan- bahan kertas minyak, lem, gunting, pisau, bambu, benang jahit, senar dan cat (cat air atau poster)
- Langkah - langkah membuat layangan :
- Siapkan bahan berupa kertas minyak, lem, gunting, pisau, bambu, benang jahit, senar dan cat (cat air atau poster)
- Buat pola layang-layang sesuai desain yang direncanakan pada rangka dari
batang bambu
- Potong kertas minyak sesuai ukuran rangka bambu yang sudah dibuat
- Lukis kertas dengan tema terkait harapan dan cita-citamu
- Tempelkan kertas minyak sesuai pola yang sudah dibuat, kemudian tekan sudut yang diberi lem agar menempel dengan erat
- Buat variasi pada layang-layang dengan memasang ekor/buntut dari sisa kertas agar terlihat menarik ketika diterbangkan di udara
- Pasang benang layangan di bagian tongkat bersilang (tali kama)
- Layang-layang siap dimainkan
- Siapkan bahan berupa kertas minyak, lem, gunting, pisau, bambu, benang jahit, senar dan cat (cat air atau poster)
Yuk lanjut ke latihan soal yaa...,
Untuk berlatih mengerjakan soal silakan klik "SOAL" di halaman atas (di samping "MATERI").
Untuk berlatih mengerjakan soal silakan klik "SOAL" di halaman atas (di samping "MATERI").
Referensi:
Buku Panduan Guru Seni Rupa (Pusat Kurikulum dan Perbukuan, 2021)
Buku Panduan Guru Seni Rupa (Pusat Kurikulum dan Perbukuan, 2021)
Setelah membaca "MATERI", kita lanjut ke latihan soal di bawah ini yaa.
Soal berbentuk Pilihan Ganda (PG) sebanyak 10 dan sudah dilengkapi dengan kunci jawaban untuk memudahkan belajar.
Soal berbentuk Pilihan Ganda (PG) sebanyak 10 dan sudah dilengkapi dengan kunci jawaban untuk memudahkan belajar.
(Selamat Berlatih) 😁
Latihan Soal Seni Rupa Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka
Unit 9 Membuat dan Menghias Layang-layang.
Unit 9 Membuat dan Menghias Layang-layang.
- Sistem aerodinamika pada layang - layang akan memungkinkan layang - layang ....
- Tidak mudah untuk jatuh bila tertiup angin
- Memiliki pergerakan dengan bantuan angin
- Mudah diterbangkan
- Dapat berbelok dengan bantuan angin
- Pemasangan benang layangan dapat dilakukan pada bagian ....
- Ekor
- Ujung atas
- Tongkat bersilang
- Tengah layang- layang
- Agar tampak menarik, maka layang- layang ....
- Diwarnai sesuai dengan keinginan kita
- Diberikan ekor atau buntut
- Memakai kertas minyak warna warnai
- Semua jawaban benar
- Ekor atau buntut pada layang- layang berfungsi sebagai ....
- Pembelok arah layang- layang
- Pemberat layang- layang
- Hiasan layang- layang
- Penguat layang- layang
- Kertas minyak dalam pembuatan layang - layang harus dipotong ....
- Lebih kecil dari rangka bambu
- Sesuai dengan ukuran rangka bambu
- Lebih besar dari ukuran rangka bambu
- Sama dengan ukuran awal kertas
- Bahan bambu pada pembuatan layang - layang berfungsi sebagai ....
- Hiasan
- Rangka
- Acuan potongan pola
- Tempat meletakkan kertas untuk melukis
- Berikut ini bahan alami sebagai bahan pembuat layang - layang yang dapat ditemukan di lingkungan kita adalah ....
- Lem
- Benang
- Bambu
- Senar
- Di bawah ini yang bukan merupakan bahan - bahan untuk membuat layang - layang adalah ....
- Kertas HVS, lem, gunting, pisau, bambu
- Kertas minyak, lem, gunting, pisau, bambu
- Kertas minyak, lem, pisau, benang jahit, senar dan cat
- Kertas minyak, lem, gunting, bambu, senar
- Unsur sains dan teknologi dalam layang - layang adalah berupa ....
- Rancang bangun
- Aerodinamika
- Lukis
- Desain
- Unsur seni rupa yang terdapat dalam layang - layang adalah ....
- Aerodinamika
- Rancang bangun
- Lukis atau gambar
- Rancang bangun dan lukis atau gambar
Bagaimana hasil Latihan Soalnya? Semoga postingan ini bermanfaat dalam belajar, khususnya dalam Mata Pelajaran Seni Rupa Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD Unit 9 Membuat dan Menghias Layang-layang.
Referensi:
Buku Panduan Guru Seni Rupa (Pusat Kurikulum dan Perbukuan, 2021)
Buku Panduan Guru Seni Rupa (Pusat Kurikulum dan Perbukuan, 2021)
Setelah membaca "MATERI", kita lanjut ke latihan soal di bawah ini yaa.
Soal berbentuk Isian sebanyak 5 dan sudah dilengkapi dengan kunci jawaban untuk memudahkan belajar.
Soal berbentuk Isian sebanyak 5 dan sudah dilengkapi dengan kunci jawaban untuk memudahkan belajar.
(Selamat Berlatih) 😁
Latihan Soal Seni Rupa Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka
Unit 9 Membuat dan Menghias Layang-layang.
Unit 9 Membuat dan Menghias Layang-layang.
- Apa yang dimaksud dengan layang - layang?
Jawaban:
Layang-layang merupakan media bermain yang mengandung unsur seni rupa berupa desain (rancang bangun) dan lukis/gambar. - Tuliskan langkah-langkah dalam membuat layang - layang!
Jawaban:
- Siapkan bahan berupa kertas minyak, lem, gunting, pisau, bambu, benang jahit, senar dan cat (cat air atau poster)
- Buat pola layang-layang sesuai desain yang direncanakan pada rangka dari batang bambu
- Potong kertas minyak sesuai ukuran rangka bambu yang sudah dibuat
- Lukis kertas dengan tema terkait harapan dan cita-citamu
- Tempelkan kertas minyak sesuai pola yang sudah dibuat, kemudian tekan sudut yang diberi lem agar menempel dengan erat
- Buat variasi pada layang-layang dengan memasang ekor/buntut dari sisa kertas agar terlihat menarik ketika diterbangkan di udara
- Pasang benang layangan di bagian tongkat bersilang (tali kama)
- Layang-layang siap dimainkan
- Apa yang dimaksud Aerodinamika?
Jawaban:
Aerodinamika berasal dari dua kata yaitu aero yang berarti udara dan dinamika berarti tenaga atau pergerakan. - Unsur apa yang terkandung dalam layang - layang?
Jawaban:
Unsur seni rupa dan teknologi - Tema apa saja yang bisa digambarkan di layang - layang?
Jawaban:
Flora dan fauna, keluarga, sahabat atau kata-kata mutiara yang bermakna.
Bagaimana hasil Latihan Soalnya? Semoga postingan ini bermanfaat dalam belajar, khususnya dalam Mata Pelajaran Seni Rupa Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD Unit 9 Membuat dan Menghias Layang-layang.
Referensi:
Buku Panduan Guru Seni Rupa (Pusat Kurikulum dan Perbukuan, 2021)
Buku Panduan Guru Seni Rupa (Pusat Kurikulum dan Perbukuan, 2021)